MADIUN – Pelatihan Penyusunnan Pola Makan yang Beragam bergizi Sembang B2SA diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Madiun. Kegiatan yang laksanakan 25 Juni 2019 itu menggandeng seluruh kader Tim Penggerak PKK Kota Madiun serta Narasumber Ibu Nugrahani Astuti.M.Pd.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Ir. Muntoro Danardono dalam sambutanya mengatakan tujuan lain penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan para peserta tentang kreativitas penyajian menu makanan untuk keluarga. utamanya makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Permasalahan gizi saat ini tidak hanya pada kurangnya asupan makanan akan tetapi juga kelebihan dari konsumsi makanan serta konsumsi hanya satu atau beberapa jenis makanan saja sehingga menimbulkan gangguan gizi, Konsumsi yang berlebih maupun kurang akan menimbulkan ganguan bagi tubuh,” imbuhnya.

Pemantapan ketahanan pangan mempunyai peran strategis dalam agenda pembangunan nasional karena :

  1. Akses terhadap pangan dengan gizi yang cukup merupakan hak yang paling asasi bagi manusia;
  2. Kualitas pangan dan gizi yang dikonsumsi merupakan unsur penentu yang penting bagi pembentukan sumberdaya manusia yang berkualitas:
  3. Ketahanan pangan merupakan salah satu pilar utama yang menopang ketahanan ekonomi dan ketahanan nasional yang berkelanjutan.  Untuk memenuhi hal tersebut, diperlukan ketersediaan pangan yang cukup setiap waktu, aman, bermutu, bergizi dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh daya beli masyarakat, dan diutamakan berasal dari pangan lokal.(eddy/admn/ppid)
Categories: Berita