MADIUN- Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta) Kota Madiun pada Minggu (14/7) menggelar Kontes Burung Berkicau Road to Walikota Cup. Kegiatan yang diselenggarakan di Jalan Gantangan Madyasari, Rejomulyo Kecamatan Kartoharjo itu, menarik animo masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta kontes kicau burung yang ikut serta dalam gelaran acara. Terhitung 600 orang penggemar burung dari se-eks karesidenan Madiun mengikuti acara tersebut, sedangkan 900 burung terdaftar sebagai peserta. Mulai dari jenis love bird, cucak hijau, hingga murai batu.

Walikota Madiun Maidi mengatakan, Kontes Burung Berkicau sengaja diagendakan oleh pemkot sebagai salah satu peringatan Hari Jadi Kota Madiun. Lebih dari itu, dirinya menegasakan, banyaknya acara bertaraf nasional maupun internasional yang digelar di Kota Madiun, memacu produktifitas ekonomi kreatif di kota ini.

“Ekonomi harus produktif. Maka dari, kota ini, OPD-OPD memang kita gerakan untuk berinovasi, biar masyarakat juga bisa berkreasi. Semua elemen masyarakat harus terlibat,” ungkapnya.

Kedepan, imbuhnya, kontes ini akan di program untuk lebih disempurnakan. Walikota memprogramkan untuk mengadakan lomba burung bekisar, ditambah bonsai nasional, dan lomba kucing nasional.

Senada dengan pernyataan di atas, Kadin Disperta Ir. Muntoro Danardono mengatakan, kontes burung berkicau diadakan juga untuk mewujudkan panca karya MADA. Yakni panca karya ke empat, yaitu menciptakan lapangan kerja sektor formal dan non formal.

” Seperti memberdayakan UMKM penakaran burung,  peserta usaha dan sarana prasarana melalui kontes burung berkicau. Sekaligus menambah kecintaan masyarakat terhadap burung berkicau,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, acara ini juga sekaligus sebagai upaya pelestarian dan melepas liarkan burung ternak hasil penakaran. Pihaknya berharap melalui gelaran ini, seluruh elemen masyarakat dapay terlibat untuk aktif dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Madiun.
(eddy/admn/ppid)

Categories: Berita