MADIUN – Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun sebagai Pelaksanaan Penilaian dan Monev Optomalisasi Pemanfaatan Lahan Perkarangan untuk Kemandirian Pangan keluarga dan masyarakat di Kota Madiun, Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 2 sampai 16 Juli 2019 dengan Tim Penilai dari Fakutras Pertanian Universitas Merdeka Madiun, dan Pemerhati Lingkungan dan Tim Penggerak PKK Kota Madiun.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan, yang ada di perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat. Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat mengatasi gejolak harga pangan khususnya tanaman cabai yaitu dengan gerakan menanam cabai di masing-masing pekarangan rumah.(eddy/admn/ppid)

Categories: Berita