MADIUN – Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun menggelar kegiatan vaksin gratis bagi hewan kesayangan. Vaksin Rabies tersebut diberikan kepada 175 kucing dan 75 anjing peliharaan.

Kegiatan vaksin gratis berlangsung di halaman kantor Disperta Kota Madiun, Rabu (25/9). Otomatis, acara yang digelar rutin sejak 3 tahun terakhir inipun dibanjiri antusiasme para pecinta anjing dan kucing di wilayah Kota Madiun.

Kasi Kesehatan Hewan Disperta Kota Madiun Drh. Cahyarini Budiarti menuturkan, kegiatan yang berlangsung setahun sekali ini diperuntukkan bagi hewan peliharaan warga Kota Madiun. Syaratnya antara lain hewan tidak dalam keadaan sakit atau bunting. ‘’Selain itu, usianya minimal 6 bulan untuk kucing dan 3 bulan bagi anjing,’’ ujarnya.

Vaksin Rabies, menurut Cahyarini, merupakan suntikan tambahan bagi hewan peliharaan. Harapannya, anjing dan kucing sebagai hewan yang paling banyak dipelihara ini terbebas dari penyakit tersebut. Apalagi, Rabies dapat menular kepada manusia melalui gigitan.

Lebih lanjut, Cahyarini mengatakan, di Kota Madiun belum pernah ditemukan kasus Rabies. Hal ini tak lepas dari status Jawa Timur sebagai provinsi yang telah dinyatakan bebas dari penyakit tersebut. Meski begitu, upaya antisipasi tetap dilakukan.

Untuk itu, Cahyarini mengimbau kepada pemilik hewan peliharaan untuk senantiasa memeriksa kesehatan binatang kesayangannya. Selain itu, melaporkan kejadian gigitan oleh anjing maupun kucing kepada petugas kesehatan.

‘’Terutama, bagi hewan yang dibawa dari luar Provinsi Jatim agar disertai dengan surat sehat dari daerah asalnya. Atau, segera diperiksakan ke dokter hewan sebagai langkah antisipasi,’’ tandasnya. (Eddy/admn/ppidpembantu).

Categories: Berita