MADIUN- Bertempat di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun diselenggarakan Sosialisasi Lomba kebersihan Kandang dan Kesehatan Hewan Ternak kambing/domba yang di ikuti oleh Peternak kambing yang ada di Kota Madiun, 20/02/2020..

Kegiatan ini dilaksanaka selam 3 hari, Peternak sangat senang dan atusias dengan adanya kegiaatan ini, selain di adakan sosilaisasi juga akan di adakan lomba kebersihan kandang kambing/ domba yang merebutkan Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III.

Tiap-tiap kecamatan akan di pilih 6 pemenang, dengan adanya lomba ini di harapakan para peternak selalu menjaga kebersihan kandang.

Kandang sehat dan produktif menjadi faktor penting dalam keberhasilan budidaya domba yang tidak digembalakan. Hal ini juga terlihat dalam usaha pembibitan dan pemeliharan kesehatan domba itu sendiri.faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan terbesar pada usaha pembibitan adalah bibit yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, menggunakan induk dan pejantan yang bagus, kandang dan lokasi peternakan yang bersih dan tidak bau. Hal-hal yang seharusnya ada dalam pengelolaan kesehatan domba antara lain adalah: perkandangan

Hasil pengamatan perkandangan secara umum untuk aspek teknis kandang dan lingkungan kandang mayoritas sudah memadai, Kendala yang dihadapi peternak ini berupa lahan yang sempit sehingga kandang menempel dengan rumah dan juga biaya untuk pembelian bahan konstruksi kandang. Hal ini turut berdampak tidak baik terhadap lingkungan kandang dan sekitarnya

Hasil penilaian sebagian besar kandang domba milik peternak belum mencapai kategori kandang sehat dan produktif. Oleh karena itu, perlu kerja sama pemerintah, dan swasta termasuk perbankan/investor untuk memajukan peternakan domba milik rakyat kecil.(eddy/admn/ppid pembantu)

Categories: Berita