MADIUN – Hari Raya Idul Adha akan tiba sepekan lagi. Untuk itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kondisi hewan dalam keadaan sehat dan siap untuk dikurbankan.Kamis (23/7/2020),

Petugas kesehatan dari Disperta menyambangi kandang peternak dan penjual hewan kurban di wilayah Kota Madiun. Di antaranya, Peternakan sapi Busbow dan Kandank Oewang. Juga, Pedagang hewan kurban di Jalan Ki Ageng Selo, Sri Rejeki, dan DI. Panjaitan.‘’Mumpung hari H masih jauh, hewan yang sakit segera diobati. Harapannya, pada hari H semua sudah siap dan bebas dari residu antibiotik,’’ tutur Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun drh. Cahyarini Budiarti.

Dari hasil pengecekan, ditemukan beberapa hewan yang mengalami sakit ringan. Seperti, sakit mata, diare, batuk pilek, hingga nasfsu makan berkurang. Petugas Disperta langsung memberikan pengobatan agar hewan-hewan tersebut segera sembuh.

Lebih lanjut, Cahyarini mengungkapkan bahwa ada sekitar 200 populasi sapi dan lebih dari 2 ribu populasi kambing di wilayah Kota Madiun. Pengecekan hewan di peternak sebenarnya terus dilakukan oleh Disperta secara berkala. ‘’Tidak hanya menjelang Idul Adha saja. Sehingga, hewan kurban yang ada di wilayah Kota Madiun dapat dipastikan sehat,’’ tandasnya. (Eddy/Adm/PPID Pembantu)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........