MADIUN – Setelah sebelumnya petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun memeriksa hewan kurban sebelum dipotong, Jumat (31/7/2020) Disperta menerjunkan petugas kembali melakukan pemeriksaan di tempat pemotongan hewan kurban.

Pemeriksaan yang dilakukan petugas dari Bidang Kesehatan Hewan dan masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, menyasar daging hewan kurban yang ada dimasjid, Mushola yang ada di Kota Madiun yang memotong hewan kurban.

Tujuannya agar daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat yang berhak terjamin aman untuk di konsumsi. Dalam pemeriksaan itu petugas dari Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun melakukan pemeriksaan meliputi jeroan, berupa paru dan hati guna untuk mengecek apakah hewan kurban terpapar penyakit menular atau kondisi daging kurang layak dikonsumsi.

“Pemeriksaan ini kita lakukan untuk memastikan daging hewan kurban yang akan dibagikan benar-benar layak untuk dikonsumsi. Jika ditemukan ada yang mengandung penyakit maka kita minta daging itu tidak digunakan,” ujar Drh. Cahyarini Budiarti, Kasi Kesmavet Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun yang melakukan pemeriksaan di masjid.

Setelah dilakukan pemeriksaan, daging hewan kurban yang dipotong saat hari raya Idul Adha, semuanya sehat serta dan aman untuk dikonsumsi.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap 451 ekor kambing dan 240 ekor sapi di tempat ini semua dalam keadaan sehat dan dagingnya layak dikonsumsi,” jelasnya.

Untuk di Kota Madiun dari data di Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun , Jumat ini sebanyak 250 ekor kambing dan 200 ekor sapi dipotong dijadikan hewan kurban. Sedangkan untuk jumlah hewan kurban keseluruhan sementara ada 240 ekor sapi dan 451 ekor kambing.(eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website : http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow Juga Akun Sosial Media Kami :

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........