MADIUN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (dispangtan) Kota Madiun melalui Bidang Pertanian Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan menerima pengaduan dari peternak kambing luka di ekor, bau busuk, ada belatung dari bapak Miran Jl. Gedong RT:15, RW:4, Banjarejo Taman (8/2/2021).

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian langsung menuju ke lokasi guna mengecek keadaan kambing tersebut.

Drh. lala petugas dari dispangtan mangatakan maksud kegiatan tersebut untuk mengobati ekor kambing dan tujuannya mengobati kambing yg terkena myasis

Luka adalah salah satu jenis cedera pada kulit yang mengalami robek, teriris, tertusuk, atau ketika terkena benda tumpul sehingga menyebabkan memar.

Selain itu, pengertian luka lainnya adalah kondisi terputusnya jaringan lunak, baik saraf, otot, kulit, hingga pembuluh darah. Khusus luka pada ternak, khususnya luka terbuka pada sapi terkadang sering dapat dihinggapi oleh lalat sehingga mengakibatkan luka tersebut menjadi sarang belatung dan mengakibatkan terjadinya penyakit myasis.

Belatung-belatung ini sangat mengganggu kesehatan ternak dan bisa memperparah luka yang ada. Untuk itu, perlu penanganan yang tepat menghilangkan belatung-belatung tersebut. “imbuhnya

Cara menangani luka yang mengalami myasis yaitu dengan menghilangkan belatung yang ada pada luka tersebut. Cara menghilangkan belatung pada luka dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 

  1. Belatung yang ada pada luka dapat dicabut dengan menggunakan pinset steril. Cara ini paling baik dan menghindari kontaminasi dengan bahan-bahan kimia lain, namun jika pinset tidak steril malah bisa memperparah luka dan menjadi infeksi akut.
  2. Siramkan minyak tanah atau bensin ke dalam luka. Usahakan siraman bensin atau minyak tanah tersebut tidak mengenai bulu ternak, sebab apabila kulit ternak terkena bensin, kulit tersebut bisa mengalami botak permanent. Jadi cara aman menggunakan minyak ini untuk mengusir belatung adalah dengan menggunakan speet (alat suntik).

Tawas juga sangat ampuh menghilangkan belatung dari ternak, caranya dengan menaburi tepung tawas (tawas yang di giling) di atas luka yang berbelatung pada ternak anda.

Tips Cara Mencegah Agar Luka Ternak Tidak Belatungan :

  1. lakukan sanitasi kandang. Semprot kandang dengan anti serangga, agar tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitar kandang. Luka ternak berbelatung itu karena adanya lalat yang meletakkan telur mereka diatas luka pada ternak sapi, maupun ternak lainnya seperti kambing, maupun domba dan kuda.
  2. lakukan sanitasi pada tubuh ternak. Semprotkan anti lalat pada badan ternak sapi yang terkena luka, biasanya cairan ini berwarna biru dan di pasar-pasar ternak sering digunakan. cairan pengusir lalat ini bisa dibeli di toko penjualan pakan ternak (eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *