MADIUN- Sebagai upaya untuk mendapatkan data produktivitas dan produksi komoditas padi pada lahan pertanian Kota Madiun, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun melaksanakan kegiatan ubinan produksi dan monitoring evaluasi pemanfaatan sarana pertanian di lahan sample milik 39 kelompok tani (22/2/2021)

Ubinan merupakan metode yang biasa dilakukan untuk memperoleh estimasi produksi setiap hektar lahan padi. Dengan menggunakan alat petak ubinan berukuran 2.5 meter x 2.5 meter yang di pasang di titik lahan tertentu, petugas di bantu petani melakukan pemanenan rumpun padi yang berada didalam area alat petak ubinan. Selanjutnya, dilakukan perontokan dan penimbangan hasil panen tersebut untuk estimasi produksi per luas lahan.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai akhir Februari direncanakan akan berlangsung hingga selesai jadwal panen musim ini dan akan diulang pada titik yang sama pada 2 (dua) musim tanam berikutnya. Selain penyuluh lapangan dan mantra tani wilayah setempat, kegiatan ini juga melibatkan petani pemilik / penggarap lahan sebagai narasumber evaluasi pemanfaatan sarana pertanian yang mendukung produktivitas lahannya.

Kasi Penyuluhan, Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Wahyu Niken Febrianti sebagai salah satu pendamping kegiatan ubinan tersebut menjelaskan pentingnya ubinan tanaman pangan, karena data yang diperoleh akan menjadi gambaran kualitas lahan dan dukungan sarana pertanian terhadap produksi yang dihasilkan. “Data hasil ubinan sekaligus dapat digunakan sebagai acuan pemerintah dalam menentukan arah kebijakan kedepan, jenis bantuan dan perbaikan program yang akan dilakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa survei data ubinan yang menyasar pada satuan lahan kelompok tani direncanakan menjadi kegiatan rutin Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun agar diperoleh data yang lebih akurat dan mewakili pada waktu tertentu (real time) dan lokasi tertentu (real site) (eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *