MADIUN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun menerima mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta untuk melaksanakan magang periode bulan Januari – Februari 2021 (1/3/2021).

Sebanyak 5 (lima) orang mahasiswa dari Fakultas Pertanian Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dua perguruan tinggi ternama itu telah mendapatkan ijin Walikota untuk melaksanakan magang di Kota Madiun setelah memenuhi prosedur status non reaktif Covid19 dengan menyerahkan hasil laboratorium yang resmi.

Magang adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara belajar sekaligus praktek langsung di lapangan. Mahasiswa dapat berpartisipasi dengan tugas langsung di dunia industri dan dunia kerja. Sehingga mahasiswa dapat menemukan relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktek yang ditemui baik dalam dunia usaha swasta maupun lingkungan pemerintah.

Kegiatan magang sekaligus memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus serta menyerap pengalaman yang diperoleh di lapangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun, Ir. Muntoro Danardono menyambut baik kegiatan tersebut. “Ini saat yang tepat bagi mahasiswa untuk menambah kemampuan dengan mengamati, mengkaji serta membandingkan antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan,” ujarnya.

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.

Selama 40 hari pelaksanaan magang tersebut, mahasiswa mendapatkan pendampingan dari PPL, POPT dan pejabat teknis di Bidang Pertanian dan diajak berinteraksi langsung dengan petani dalam kegiatan penyuluhan dan penyusunan materi penyuluhan. “Mereka juga dilibatkan langsung dengan kegiatan-kegiatan petani seperti pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), pelaksanaan ubinan produksi dan perbanyakan agens pengendali hayati,” imbuhnya.

Setelah menyelesaikan kegiatan magang, Muntoro Danarono berharap mahasiswa dapat lebih terbuka wawasannya terhadap permasalahan yang ditemui di dunia pertanian, dan dapat mencari solusi dengan inovasi dan aplikasi teknologi yang mereka pahami.(eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *