MADIUN- Polres Madiun Kota bersama DKPP, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP kota Madiun melakukan penyekatan dan pemeriksaan jalur lalu lintas keluar masuk perdagangan hewan ternak di perbatasan Kota Madiun menjelang perayaan Idul Adha. Tak hanya itu ,bersama tim DKPP Kota Madiun,polres Madiun juga memeriksa kesehatan hewan ternak yang masuk dan keluar dari Kota Madiun.
Hasil dari operasi penyekatan tersebut diketahui bahwa hewan ternak yang dilalulintaskan tersebut rata-rata berasal dari Pasar Hewan Jetis,Ponorogo dan akan dibawa ke wilayah Caruban,Kab.Madiun dan Semarang.

Dalam hal ini kota Madiun hanya sebagai daerah perlintasan saja.
Dari hasil penyekatan tersebut ditemukan satu hewan ternak kambing yang bergejala PMK dan disarankan untuk dikembalikan ke daerah asal, karena tidak mengantongi SKKH dan surat rekomendasi penerimaan hewan ternak dari Kota Semarang. Akan tetapi, dengan pertimbangan berdasarkan fatwa MUI bahwa hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban yang terjangkit virus PMK dengan gejala ringan maka hewan ternak tersebut tetap sah sebagai hewan kurban. Oleh sebab itu petugas mengembalikan kebijakan untuk menerima atau menolak hewan ternak tersebut kepada Pejabat Otoritas Veteriner pemerintah Kota Semarang, dengan catatan segala resiko akan ditanggung oleh pihak penjual.

Untuk memastikan hewan ternak yang keluar masuk bebas PMK, menurut drh.Yeri Anisa hewan ternak harus diperiksa mulai dari area kepala hewan,suhu tubuh,mukosa mulut,cuping hidung dan kaki. Selain itu, petugas juga melakukan KIE (koordinasi, informasi dan edukasi) kepada penjual terkait bahaya dan dampak dari penyebaran virus PMK bagi ternak dan dari segi ekonomi, sehingga diharapkan pelaku usaha di bidang peternakan dapat meningkatkan ketelitian dan kewaspadaan serta tertib administrasi dan mematuhi prosedur yang sudah ditetapkan oleh peraturan yang berlaku.

Sebelum kendaraan meneruskan perjalanan, Petugas Satpol PP juga melakukan desinfeksi terhadap sarana transportasi, hewan ternak dan penjual untuk meminimalisir penyebaran virus PMK. . (admin/ppid pembantu).
Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A 

#madiun #ppidkotamadiun #pemkotmadiun #dipertakotamadiun #ppiddipertakotamadiun #madiunkarismatik #madiunhitz #madiuntoday #madiunkotapendekar #lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........