MADIUN – Bertempat di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Tim dari Pemerintah Kota Madiun melakukan evaluasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik di masing-masing OPD yang ada di Kota Madiun, Tim Penilaian pelayanan Publik dan Ketatalaksanaan adalah gabungan dari bagian Organisasi, perpustakaan, bkd dan inspektorat. ” Senin (16/09/2019)

Ada beberapa aspek yang menjadi fokus utama pelaksanaan evaluasi pelayanan publik.“beberapa aspek ini untuk melihat gambaran kondisi penyelenggaraan pelayanan publik,”

Undang – undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 adalah undang – undang yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektivitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri untuk mendorong pertumbuhan ekonmi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Pada aspek kebijakan pelayanan, penilaian akan melihat pada standar pelayanan, maklumat pelayanan, dan survei kepuasan masyarakat. “Standar pelayanan yang disusun harus melibatkan masyarakat dan dipublikasikan,”

Komponen standar pelayanan terdiri dari 14 komponen yakni persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengadauan, saran, dan masukan, dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jumlah pelaksanaan, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan dan evaluasi kinerja pelayanan. 

Sementara untuk profesionalisme SDM, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain kompetensi SDM, kesigapan petugas, aturan perilaku dan kode etik, penghargaan dan sanksi, serta budaya pelayanan. “Melihat bagaimana kecepatan dalam memberikan respon pelayanan secara cepat dan benar ketika berhadapan dengan pengguna layanan,”

Terkait sarana dan prasana yang akan dinilai. Untuk sarana dan Prasarana melihat ketersediaan ruang parkir, fasilitas ruang tunggu, fasilitas pengguna layanan berkebutuhan khusus dan sarana penunjang lainnya. Sedangkan untuk Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), akan dilihat terkait pemanfaatan SIPP, pemilikan SIPP, dan pemutakhiran SIPP.(eddy/admn/ppid pembantu)

Categories: Berita