MADIUN-Jambu air merupakan salah satu buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia, apalagi kalau dimakan bersama dengan sambal rujak. Rasa manis dari jambu air berpadu dengan asam pedas sambal rujak sangat segar dimakan saat siang hari.(13/2/2021)

Buah jambu air sendiri memiliki beragam jenis dengan keunggulan masing-masing. Tak heran kalau jambu air sangat cocok untuk dibudidayakan. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, kandungan air dalam jambu air juga sangat tinggi. Dengan begitu jambu air sangat cocok dijadikan menu camilan sehat.

Berikut ini 10 jenis jambu air termanis dan keunggulannya masing-masing :

  1. Jambu air Citra ; Jambu air yang satu ini bisa dibilang sebagai varietas jambu air unggulan. Pasalnya jenis jambu air ini memiliki ukuran buah yang cukup besar. Tak hanya itu, rasa jambu air citra juga sangat manis sehingga sangat nikmat ketika dimakan, Menariknya lagi, jambu air citra termasuk mudah untuk dibudidayakan dan tak butuh waktu lama untuk dipanen. Pohon jambu air citra juga bisa berbuah sampai tiga kali.
  2. Jambu air delima ; Varietas jambu air delima merupakan buah khas unggulan dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kelebihan jenis jambu air ini ada pada buahnya yang renyah ketika digigit. Selain itu jambu air delima juga mengandung banyak air, Soal rasa, jambu air delima memiliki rasa manis yang mirip dengan jambu air citra sehingga menikmati buah ini bisa bikin nagih.
  3. Jambu madu Super Green ; Bisa dibilang jambu air ini adalah jenis terbaik. Jambu madu Super Green memiliki ukuran buah yang sangat besar. Saking besarnya, satu buah jambu madu Super Green bisa setara satu botol minuman kemasan gelas.Jangan heran, pasalnya empat buah jambu madu Super Green beratnya sama dengan satu kilogram. Rasanya yang ditawarkan juga tak kalah memuaskan karena terasa sangat manis dan merata di semua bagiannya.
  4. Jambu Bol ; Kelebihan jambu bol juga berada pada ukuran buah yang sangat besar. Satu buah jambu bol bahkan bisa mencapai ukuran genggaman tangan orang dewasa. Selain itu daging jambu bol juga terbilang tebal sehingga puas untuk dinikmati.Dengan kelebihan tersebut, tak mengejutkan kalau buah jambu bol juga menjadi salah satu varietas jambu air unggulan.
  5. Jambu air King Rose ; Tak kalah besar, jambu air King Rose bahkan punya ukuran yang terbilang jumbo. Satu buah jambu air King Rose beratnya bisa mencapai 250-300 gram. Jambu ini juga memiliki warna merah yang cenderung legam, seperti bunga mawar.Tak cuma punya ukuran jumbo, jambu air King Rose juga menawarkan rasa yang manis. Kandungan airnya juga sangat tinggi. Namun bagian paling menariknya adalah jambu air King Rose tak memiliki biji, jadi lebih mudah untuk dikonsumsi
  6. Jambu air Bajang Leang ; Jenis jambu air Bajang Leang merupakan yang paling banyak atau mudah ditemui. Ukuran jambu air Bajang Leang juga terbilang besar. Begitu pun rasa jambu air bajang leang yang pastinya juga manis dan memiliki kandungan air yang cukup tinggi.
  7. jambu madu Deli Hijau ; Kalau kebanyakan jenis jambu air berwarna merah, maka jambu madu Deli Hijau memiliki warna hijau. Meksi begitu, soal rasa jenis jambu ini malah memiliki tingkat kemanisan yang bikin ketagihan. Buahnya juga memiliki tekstur yang rapuh sehingga terasa enak ketika dinikmati. Apalagi jambu madu Deli Hijau juga tak memiliki biji yang membuatnya mudah dimakan.Meski punya ukuran yang lebih kecil, pohon jambu madu Deli Hijau bisa menghasilkan buahnya dengan lebih cepat alias cepat berbuah bila dibandingkan jenis jambu air lainnya.
  8. Jambu air Cincalo Merah ; Jenis jambu air ini juga termasuk dalam varietas unggulan. Pasalnya buah jambu air Cincalo merah cenderung tebal dan juga padat. Rasa jambu air ini juga manis dan menyegarkan. Bagian uniknya adalah pada bentuk jambu air Cincalo Merah yang seperti lonceng. Jadi buah ini bentuknya tidak menggemuk di bagian tengahnya, melainkan lurus dari atas sampai bagian bawah.
  9. Jambu air Camplong ; Berasal dari Jawa Timur, Jambu air Camplong punya warna dengan dominasi putih. Jambu air jenis ini juga punya daging yang tebal dan tidak memiliki biji. Adapun berat tiap buahnya berkisar antara 80-100 gram.Namun jambu air Camplong sifatnya musiman. Waktu panen jambu air Camplong biasanya dilakukan pada sekitar bulan Juli hingga Agustus.
  10. Jambu madu Kesuma Merah ; Kelebihan jambu madu Kesuma Merah ada pada dagingnya yang tebal. Saking tebalnya sampai tak menyisakan celah biji yang biasanya ada di bagian tengah buah. Namun karena dagingnya yang tebal itu, jambu air ini cenderung padat sehingga agak sulit ketika ingin memecahkan agar lebih mudah dimakan. Selain itu jambu madu Kesuma Merah juga punya waktu panen yang lama. Dibutuhkan sekitar 13-15 bulan bagi pohon jambu madu Kesuma Merah untuk bisa dipanen.(eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........