MADIUN – Rapat koordinasi dan musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) merupakan wadah bagi pemerintah daerah untuk merumuskan program-program kerja sama dalam segala bidang demi mewujudkan kemajuan daerah, bertempat di aula Kec. Manguharjo Disperta Kota Madiun menggelar musrenbang pertanian, peternakan, perikanan dan ketahanan pangan tahun 2021 (Rabu/23/2020)

Dalam sambutanya bapak Walikota Madiun menegaskan bahwa adanya giat ini dalam upaya meningkatkan koordinasi antar stakeholder yang ada. Dalam kesempatan ini Walikota Madiun menyinggung perihal pengoptimalan lahan yang ada di Kota Madiun, pasalnya lahan pertanian di Kota Madiun semakin berkurang maka dari itu butuh perencanaan yang matang agar hasil pertanian maksimal, saat ini lahan pertanian di Kota Madiun berkisar 901 hektar.

“Khusus stakeholder di bidang pertanian dan ketahanan pangan harus fokus kepada program-program yang telah dirancang. Khusus untuk petani ikan, kolam yang tidak menghasilkan segera dievaluasi, jika tidak akan saya swastakan,” tegas walikota.

Dalam kesempatan itu walikota juga menyinggung perihal pengoptimalan lahan yang ada. Pasalnya lahan pertanian di Kota Madiun semakin berkurang, maka dari itu butuh perencanaan yang matang agar hasil pertanian tetap maksimal. Walikota menjelaskan, saat ini lahan pertanian di Kota Madiun berkisar 901 hektar. Dua persen lahan pertanian menyusut lantaran beralih fungsi.

Namun walikota menegaskan kepada para petani untuk jangan khawatir akan hal tersebut, sebab perda tata ruang pemkot sudah dirancang untuk melindungi lahan pertanian. Maka dari itu digelar musrenbang kali ini sebagai upaya untuk mengumpulkan stakeholder sebagai sarana menyamakan usulan dan masukan agar bersinergi dengan program Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun.

“Saya berharap kedepan minimal dari sektor pertanian bisa membantu masyarakat, minim mensupply kebutuhan pangan di Kota Madiun. Meskipun lahan tidak besar tapi pertanian peternakan dan perikanan harus terus dijaga dan di support,” pungkasnya. (eddy/admn/ppid pembantu)

Categories: Berita