SURABAYA,…………Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Alhamdullilah……….Genny Perwakilan Kota Madiun mendapatkan Juara III Pemilihan Duta Gemarikan Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penyelenggaraan pemilihan Duta Gemarikan Jawa Tumur 2019 diikuti oleh perwakilan 38 Kabupaten/Kota (Laki-laki dan Perempuan). Peserta menghadapi 3 tahap seleksi dengan sistem “gugur”.

Untuk bersaing dengan 38 Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur Genny Perwakilan dari Kota Madiun harus bersaing dengan ketat untuk bisa membawa harum Kota Madiun di kanca Nasioanal.

Kedepan Duta Gemarikan Kota Madiun akan memperkenalkan produk produk berbahan ikan yang ada di Kota Madiun, di samping itu di juga mensosialisasikan dan mendistribusikan informasi tentang peran Pemerintah terhadap Program Peningkatan Konsumsi Ikan di Jawa
Timur melalui berbagai kegiatan seperti Promosi Produk Kelautan dan Perikanan di Dalam dan Luar Provinsi, Kampanye Gemarikan bagi Anak Sekolah dan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi.

Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh keberhasilan bangsa tersebut menyiapkan sumbernya manusia yang berkualitas, sehat dan cerdas serta produktif. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa SDM yang sehat cerdas dan produktif antara lain ditentukan oleh status gizi
yang baik serta konsumsi pangan yang bermutu dan sehat. Dalam konteks itu, upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi menjadi sebuah keniscayaan bagi sebuah bangsa, termasuk Indonesia.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan melalui Sosialisasi Gemarikan di
Masyarakat Luas disamping merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu mata rantai penyerapan hasil perikanan yang diproduksi oleh masyarakat. Seiring dengan peningkatan produksi perikanan, maka konsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya
antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah
makan yang menyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peran para pengusaha serta ahli masak profesional dalam menciptakan menu olahan ikan serta menggugah minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Categories: Berita