SURABAYA – Lomba Kreasi Masakan Berbahan Ikan Tingkat Provinsi merupakan rangkaian kegiatan Kampanye GEMARIKAN di Provinsi Jawa Timur. Program Kampanye GEMARIKAN memiliki rangkaian kegiatan antara lain Sosialisasi GEMARIKAN di Kabupaten/Kota, Rapat FORIKAN Kabupaten/Kota, Pemilihan Duta GEMARIKAN, Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi, Lomba Kreasi Masakan Berbasis Ikan, Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas dan mendorong terciptanya menu masakan berbahan baku ikan dengan kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. Target dari Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi adalah peningkatan konsumsi ikan masyarakat Jawa Timur.

Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun telah mengirimkan perwakilan dari ibu-ibu PKK yang ada di Kota Madiun untuk mengikuti lomba memasak berbahan dasar Ikan di antaranya adalah sup nila susu, pizza nila dan nila ares yaitu ikan nila di masak mengunakan isi jantung pisang.

Menindak lanjuti arahan Ketua TP PKK Jatim Arumi Elistyanto Dardak. tersebut, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi akan membawa gerakan gemar makan ikan ini ke Kota Madiun. Caranya dengan melibatkan anak-anak TK dan SD untuk secara langsung mengolah ikan.

“Sesuai dengan arahan, gemar makan ikan harus ditindindak lanjuti di daerah masing-masing. InsyaAllah di Kota Madiun akan kita wujudkan dengan siswa dari TK atau SD dibawa ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta) untuk mengolah Ikan bersama,” tuturnya.

Intinya, kata dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan nantinya para siswa-siswi tersebut dapat membiasakan diri untuk makan Ikan. Karena makan Ikan memiliki nilai gizi tinggi.

“Kami ingin memasyarakatkan gemar makan Ikan. Harga Ikan bisa dijangkau bagi seluruh masyarakat,” tegasnya.

Kota Madiun sendiri, dalam lomba masak ikan belum beruntung untuk pulang membawa juara. Namun, Ketua TP PKK Yuni Setyawati Maidi mengatakan agar tak patah semangat jika belum menang.

“Untuk lomba masak Ikan belum beruntung, tapi tidak masalah yang penting kita sudah berpartisipasi untuk memasyarakatkan gemar makan ikan. Semoga tahun depan kemenangan bisa kita dapatkan,” tandasnya.

Dalam acara pertemuan forum peningkatan iakan (FORIKAN) yang di gelar Kamis (11 /7/2019) di hadiri oleh ibu Wakil Gubernur Jawa Timur juga Chef yang telah malang melintang di dunia perkulineran sejak era 90-an, yaitu Sisca Soewitomo.

Kegiatan Lomba Kreasi Masakan Berbahan Ikan Tingkat Provinsi melibatkan 36 Peserta Kabupaten/Kota. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan lomba kreasi masakan berbahan ikan tingkat provinsi merupakan event tahunan.

Categories: Berita