MADIUN – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, menggelar lomba masak berbahan dasar ikan tingkat kota itu tahun 2018, yang diikuti oleh Tim Penggerak (TP) PKK se-Kota Madiun.

Ibu Hj Sugeng Rismiyanto selaku Ketua PKK Kota Madiun mengatakan, kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Menurut dia, digelarnya lomba tersebut atas kerja sama  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun dengan Tim Penggerak PKK Kota Madiun.

“Indikator keberhasilan Forikan Kota Madiun adalah meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Madiun, salah satunya melalui lomba masak berbahan dasar ikan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, apabila Forikan dapat meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Madiun, maka hal itu akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kota Madiun.

“Ikan adalah sumber protein dan Omega-3 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh manusia,” imbuhnya.

Selain itu, menurut dia, dengan meningkatnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat, maka akan terbuka peluang yang semakin besar untuk budidaya, penangkapan, pengolahan serta pemasaran produk perikanan, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan dapat menyerap tenaga kerja.

“Semoga dengan kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan yang kami laksanakan hari ini dapat mendorong kreativitas kader-kader Tim Penggerak PKK se-Kota Madiun untuk berinovasi dalam menciptakan resep-resep yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya,” katanya.

Dalam lomba masak ini, para peserta dengan berbagai kreativitasnya menyajikan beraneka ragam masakan yang berbahan dasar ikan. Hidangan masakan satu-persatu dinilai oleh juri untuk menentukan pemenang lomba.

Dengan tema ” Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat ”  Ir. Muntoro Danardono selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengatakan maksud dan bertujuan di adakan di selenggarakan lomba adalah untuk :

  • Meningkatkan keterampilan masak berbahan baku Ikan.
  • Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku Ikan kepda Masyarakat luas.
  • Menyebarluaskan Informasi tentang Ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi Ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.
  • tujuanya mendukung pemanfaatan sumberdaya Ikan yang berkedaulat dan untuk kesejahteraan masyarakat.

By Eddy/admn/Dispertan

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........