MADIUN – Bertempat di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun menyelenggarakan bakti sosial kastrasi gratis bagi kucing domestik. kagiatan ini di lalukkan untuk menekan populasi kucing liar yang ada di Wilayah Kota Madiun ( 27/8/2020).

Pada kegiatan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular ternak/hewan peliharaan di ikuti sebanyak 60 ekor kucing jatan.

Dalam sambutanya Ir. Muntoro Danardono Kepala Dinas Pertanaian dan ketahanan Pangan Kota Madiun berharap kedepan kegiatan ini lebih di tingkatkan lagi dan jumlah kucing lebih banyak/pemilik kucing.

Kastrasi (disebut juga pengebirian atau kebiri) adalah tindakan bedah dan atau menggunakan bahan kimia yang bertujuan untuk menghilangkan fungsi testis pada jantan atau fungsi ovarium pada betina. Hewan yang telah di kastrasi tidak dapat menghasilakan keturunan karena organya (testis atau ovarium) telah diangkat.

Kastrasi ini di selenggarakan baru pertama kali oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Menurut Drh. Cahyarini Budiarti Kasi Keswan, bansos ini di selenggarakan atas masukan masyarakat dan komunitas kucing yang ada di Kota pendekar, yakni sebagian warga terganggu dengan banyaknya kucing liar yang ada di Kota Madiun.

Kucing yang tidak terawat berpotensi menularkan penyakit pada manusia ” yang paling umum toksoplasma dan juga bisa menggangu pernapasan bagi alergi bulu kucing”.

Proses Kastrasi di lakukan dengan membius kucing dengan bius ringan, dilakukan pembersihan di areal kelamin selanjutnya petugas mengambil testis dengan sayatan terakhir dilakukan penjahitan dan pemulihan.(eddy/admin/ppidpembantu).

Baca selengkapnya di Website : http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow Juga Akun Sosial Media Kami :

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *