MADIUN- Bertempat di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun diadakan Rapat Koordinasi Penyaluran dan Serapan Pupuk Subsidi di Wilayah Kota Madiun oleh Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KPPP) Kota Madiun Tahun 2020, acara di Pimpin oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Arief Endro Purnomo S.Pt, MT. (16/12/2020)

Rapat ini di Hadiri oleh Kejaksaan Negeri Kota Madiun, Kasat Reskrim dan beberapa OPD terkait yang ada di Kota Madiun. Untuk Kota Madiun penyaluran pupuk tidak mengalami kendal apapun. untuk penyaluran pupuk dengan mengunakan kartu tani di mulai Januari 2020.

Pupuk dan Peksitida merupakan sarana yang sangat menentukan dalam pencapaian sasaran produksi Nasional.Untuk Kota Madiun mendapat jatah pupuk subsidi dari pemerintah pusat sebesar 50%. untuk harga pupuk subsidi dengan harga pupuk non subsidi lebih mahal diripada pupuk non subsidi.

Untuk usulan pupuk di Kota Madiun tahun 2021 mengalami perubahan/penurunan di bandingkan dengan tahun 2020 di sebabkan luas tanah yang ada di Kota Madiun mengalami pengurangan.

Prinsip pendaftaran RDKK akan di buktikan kepemilikan sertifikat tanah dan sesuai dengan luas tanahnya.Serapan pupuk di Kota Madiun oleh Petani Urea, 516 ton/75%,SP-36,140,1 ton/80%, ZA 236 ton/80%,NPK 461 ton/74% dan Organik 101 ton /37%.

Kendala serapan pupuk dikarenakan :

1. Percepatan implementasi kartu tani

2. Prasarana implementasi karty tani

3. Belum siapnyan SDM

4. Penebusan secara manual.

Percepatan Kartu Tani :

1. Surat Kepala Dinas Pertanian tanggal 25 Agustus 2020 tentang wajib implementasi kartu tani per 1 September 2020

2. Wajib implementasi kartu tani 1 Januari 2021.

Prosedur Penebusan manualProsedur manual :

1. Terdaftar dalam eRDKK 2020

2. Tidak melebihi kuota dalam eRDKK.

3. mengunakan forum pangajuaan diketahui oleh Poktan dan penyuluh4.Rekap pengajuan di ketahui KPL dan Kepala Dinas Pertanian.Kartu tani di cetak langsung mengunakan aplikasi yang di buat oleh Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Pertanian melalui Bank BNI.(eddy.admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website : http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow Juga Akun Sosial Media Kami :

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........