MADIUN- Menjelang Tahun baru stok dan harga daging di wilayah kota madiun aman relatif stabil dan tidak mengalami kenaikan.(29/12/2020).

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta) Kota Madiun melalui kasi kesehatan hewan menerjunkan petugasnya ke pasar- pasar yang ada di kota madiun guna memeriksa semua daging yang masuk ke kota madiun.

Drh. Cahyarini Budiarti mengatakan selama ini belum di temukan adanya daging gelonggongan, kami memiliki petugas yang setiap harinya memeriksakan daging yang ada di pasar besar dan pasar sleko.

Pemeriksaan daging di adakan rutin setiap hari untuk mengantisipasi adanya daging gelonggongan yang masuk ke Kota Madiun dan untuk harga daging menjelang tahun baru juga tidak mengalami kenaikan “imbuhnya.“

Kalau ketemu pemasok yang kirim daging gelonggongan dan kualitas daging jelek petugas akan tegas untuk di kembalikan dan pedagang juga berani menolak nya, karena itu akan merugikan masyarakat/ pembeli ” jelasnya.

Disperta menempatkan petugas mulai pukul 02.30 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB untuk melakukan pengecekan langsung dari pemasok daging. Disperta mencatat ada 5 pemasok daging untuk pasar-pasar Kota Madiun.

“Pemasoknya satu dari Ngawi, satu dari Magetan dan tiga orang dari Kabupaten Madiun. Dengan jumlah total daging yang masuk di Pasar Besar itu hampir 700 Kg per hari. Kalau Pasar Sleko sekitar 100kg per hari,” ujarnya.

Drh. Cahyarini menjelaskan bahwa pengecekan dilakukan di Pasar Besar dan Pasar Sleko. Sedangkan Pasar Sri Jaya dan Pasar Kojo tidak dilakukan pengecekan karena pemasok daging berasal dari pemasok Pasar Besar. Dia memberikan tips agar masyarakat dapat memilah daging yang berkualitas bagus. Berikut ciri-ciri daging sebagai berikut :

1. Berwarna pucat

2. Konsistensi daging lembek

3. Permukaan daging basah

4. Biasanya penjual tidak menggantung daging tersebut karena bila digantung air akan banyak menetes dari daging.

5. Lebih cepat basi dibandingkan dengan daging tanpa gelonggongan.

“Saya menghimbau agar masyarakat waspada dalam memilih daging,” tandasnya (Eddy/admin/ppidpembantu).

Baca selengkapnya di Website : http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow Juga Akun Sosial Media Kami :

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........