MADIUN- Walikota Madiun, Maidi himbau Petani Kota Madiun mampu sediakan berbagai macam komoditas pangan untuk kebutuhan masyarakat. Hal ini karena petani Kota Madiun lebih banyak yang memilih menanam padi dari pada tanaman jenis lain.

Maidi menilai apabila petani Kota Madiun mau menanam berbagai jenis komoditi pangan, maka petani Kota Madiun mampu menguasai pasar.“Kita menjadi Kota Pecel. Tapi, bahan kebutuhan untuk membuat pecel, seperti cabai, kacang, dan sayuran didatangkan dari luar daerah. Seharusnya kita bisa menyediakan sendiri,’’ jelas Walikota saat sambutan di pembentukan Koperasi Tani, Jumat (15/01/2021).

Selain itu, dibandingkan dengan daerah lain, Kota Madiun tidak memiliki areal persawahan yang luas. Sehingga perlunya kreatifitas petani dengan tidak menanam jenis yang monotone.“Akan sulit menyaingi daerah lainnya jika hanya terfokus pada tanaman padi saja. Tanaman berbagai komoditas akan mendukung daya tarik wisatawan terhadap Kota Madiun,” ujarnya.

Maidi berjanji akan menstimulus petani dengan subsidi pupuk. Sehingga petani mau menanam bermacam-macam komoditi pangan. “Kalau petani bisa memenuhi kebutuhan dalam kota, maka ketahanan pangan kita akan kuat,’’ kata Maidi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (dispangtan) Kota Madiun, Ir. Muntoro Danardono berharap, dengan adanya koperasi tani dapat mendukung kebutuhan petani Kota Madiun. Mulai dari bibit hingga sampai ke tangan penjual.“Prinsip apresiasi kepada pemrakarsa semoga apa yang akan dilakukan betul-betul sesuai harapan. Yaitu menyejahterakan anggota dan masyarakat yang dilayani,” pungkasnya.(eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

————

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

————

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

————

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

————

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

————

• Youtube :https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiunto

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........