MADIUN-Budidaya bawang merah menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. bagaimana tidak, umbi yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur ini selalu dibutuhkan masyarakat Indonesia.(15/1/2021)

Harga jualnya juga stabil, bahkan selalu terjual mahal saat momen hari raya dan akhir tahun. Tanaman dengan nama latin Allium Ascalonicum ini sangat mudah untuk dilakukan budidaya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (dispangtan) Kota Madiun melalui Petugas Penyuluh Pertanian mempunyai peran sebagai Pusat Koordinasi dan Sinkronisasi Kegiatan Diversifikasi tanaman dengan pengembangan komoditas Hortikultura yaitu budidaya tanaman bawang merah.

Petugas Penyuluh Pertanian Guntur Jumantoro,SP mengatakan kegiatan ini di laksanakan dalam upaya mengubah perilaku petani bawang merah menjadi petani yang berkualitas perlu mempunyai kompetensi teknis budidaya tanaman maupun kompetensi manajerial. 

Kegiatan ini berada di Lokasi Poktan Padi Mentes Kelurahan Rejomulyo.Kegiatan Tanam 14 November 2020 dan panen 9 Januari 2021.

Masa panen bawang merah adalah ketika memasuki hari ke-70 atau 80 setelah ditanam.tandanya siap untuk dipanen adalah umbi bawang merah yang muncul ke permukaan tanah dengan daun yang tumbuh banyak.”imbuhnya.

Cara memanennya adalah dengan mencabut langsung lalu bersihkan dari segala tanah dan kotoran. jemur bawang merah di bawah sinar matahari agar tidak lembab lalu gantung atau letakkan di atas para-para.Jika proses ini dilakukan dengan baik dan penyimpanan dengan cara tepat, umbi bawang merah mampu bertahan hingga 1 sampai 2 tahun.

Maksud kegiatan ini adalah untuk menganekaragamkan budidaya tanaman sawah tidak hanya padi-padi tetapi ada alternatif menanam tanaman hortikultura diantaranya tanaman bawang merah

Tujuannya meningkatkan potensi hasil sawah, dan pendapatan petani, serta memutus mata rantai hama dan penyakit tanaman pad.(Eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

————

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

————

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

————

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

————

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

————

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........