MADIUN- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (dispangtan) Kota Madiun menerima kunjungan dari Kepala Kementerian Agama Kota Madiun beserta jajarannya (10/2/2022)

Tujuannya datang ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian adalah untuk melakukan koordinasi dan konsultasi mengenai penerbitan Sertifikasi halal bagi Rumah Potong Hewan (RPH), Rumah Potong Unggas (RPU) atau Rumah Potong Ayam (RPA) yang ada di Kota Madiun.

Dr. Drs. Munir, M.Hum Kepala Kementerian Agama Kota Madiun menjelaskan, dalam kehidupan sehari-hari, RPH/RPU sangat berperan dalam supply bahan pangan berupa daging, baik untuk pasokan bahan industri maupun untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas. di RPH/RPU inilah hewan ternak disembelih dan diproses untuk menghasilkan daging siap konsumsi. 

Ada beberapa lembaga yang menjadi pemangku kepentingan terkait masalah kehalalan produk, yaitu:

  1. Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (“MUI”) sebagai pemberi fatwa halal dan pihak yang mengeluarkan sertifikat halal;
  2. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (“LPPOM”) MUI sebagai peneliti kehalalan produk dari aspek ilmu pengetahuan;
  3. Badan Pengawas Obat dan Makanan sebagai pemberi izin label halal;
  4. Kementerian Agama sebagai pihak yang membuat kebijakan, melakukan sosialisasi, dan edukasi ke masyarakat dan
  5. Kementerian terkait lainnya.”jelasnya

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun Ir . Muntoro Danandono menyambut baiknya dan mendukung penuh Program dari Kementerian Agama Kota Madiun dalam menjalankan tugas dalam penyelenggaraan Jaminan Produk halal (JPH).

Tahun kemarin Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah memberikan pelatihan dan tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar sesuai syariat kepada juru sembelih hewan kurban yang ada di kota Madiun.

Setiap malam daging yang masuk ke Kota Madiun akan diperiksa oleh petugas dan untuk daging ayam akan di ambil sampelnya untuk di periksa di laboratorium kantor

Di RPH hewan yang akan di sembelih akan di periksa oleh petugas kami meliputi Antemortem pemeriksaan perilaku dan pemeriksaan fisik, hewan yang sehat nafsu makannya baik, hewan yang sakit nafsu makannya berkurang atau bahkan tidak mau makan

Postmortem atau setelah hewan dipotong (disembelih) dilakukan pemeriksaan pada bagian-bagian Karkas, Karkas sehat tampak sama dengan warna merah merata dan lembab “imbuhnya (eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........