MADIUN – Diversifikasi penting untuk memperkaya hasil pertanian dari suatu wilayah. Dengan menanam komoditas yang beragam, salah satu manfaatnya, petani bisa lebih sejahtera. Menyadari pentingnya hal itu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun gencar mengedukasi para petani untuk menanam berbagai komoditas lain, tak hanya padi.

“Kami ingin perkenalkan. Karena selama ini petani kita kenalnya padi,” teranf Kasi Penyuluhan Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian DKPP Wahyu Niken Febrianti.

Salah satu cara mengedukasi petani yakni melalui pelatihan, seperti yang digelar DKPP pada Rabu (1/9). Pelatihan meliputi pengenalan komoditas, budidaya, dan analisa usaha tani dan pemasaran. “Pelatihan digelar dua hari, dengan jumlah peserta 39 orang perwakilan dari kelompok petani,” ujarnya.

Komoditas yang dikenalkan pada petani yakni bawang merah. Pasalnya, selama ini petani punya persepsi jika bawang merah tak mungkin ditanam di Kota Madiun. Padahal beberapa petani sudah mencoba dan berhasil. Bahkan sampai ada yang sudah tiga kali menanam bawang merah, dari awalnya padi dan kacang.

Menurut Niken, lahan pertanian di Kota Pendekar sangat memungkinkan untuk budidaya aneka komoditas selain padi. Salah satunya bawang merah. Di Rejomulyo, sudah ada dua petani yang merintis pertanian bawang merah. Sedangkan di Taman dua petani, dan di Manguharjo kurang dari sepuluh petani.

DKPP berencana terus mengenalkan petani dengan berbagai komoditas lain. Supaya mereka tidak ragu bertani bawang merah. DKPP juga mendatangkan praktisi di bidang bawang merah supaya petani yakin. Wahyu berharap, pelatihan yang dilakukan dapat membuka wawasan petani supaya tidak hanya menanam padi.

“Kondisi lahan di Kota Madiun bagus. Harus dimanfaatkan menanam berbagai macam komoditas,” jelasnya.
(Eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........