MADIUN- Bertempat di SDN 03 Nambangan Kidul Kota Madiun Dinas Ketahanan Pangan (DKPP) Kota Madiun beserta kelompok tani melaksanakan pembelajaran cara pemindahan sarang lebah madu ke dalam kotak box. Kamis (22/4/2021)

Kegiatan ini dihadiri oleh bapak Walikota Madiun Maidi, konsep budidaya lebah madu terus di matangkan oleh Walikota Madiun dengan mendatangkan ahli budidaya madu dari Desa Banjarsari Wetan, Dagangan, Kabupaten Madiun.

“Seperti yg pernah kita rencanakan, konsep sejuta bunga tidak lantas cukup memberikan manfaat keindahan, bunga yang sudah bermekaran indah bisa menjadi sumber makanan lebah. “kata Walikota.

Walikota berharap OPD terkait dapat menggali ilmu sebanyak mungkin terkait budidaya lebah madu sebagai tindak lanjut Madiun Kota sejuta bunga.

Sunardi Ahli budidaya lebah madu AN NAHL menjelaskan untuk mempermudah pemindahan, maka langkah pertama yakni mengambil sarang lebah yang menempel. Agar lebah lebih jinak dapat diberi sedikit asap. Sarang harus diambil satu persatu. Setiap sarang yang diambil, harus dilihat dan diamati dengan seksama.

Sebab barang kali ratu lebah ikut terambil. Sarang lebah yang berhasil diambil di masukkan ke kotak box “Kunci dari memindah sarang lebah yakni menemukan ratu lebah,” paparnya.

Setelah semua sarang berhasil diambil, dan dipastikan ratu lebah tidak terbawa, maka langkah selanjutnya yakni mencari ratu lebah. Jika koloni lebah besar, maka untuk mempermudah pencarian harus dilakukan pengurangan terhadap koloni tersebut.

Hal ini dilakukan dengan cara memindah sebagian koloni ke kotak box kedua. “Caranya lebah diambil menggunakan tangan, hal itu harus dilakukan dengan pelan dan lembut. Jika sampai tersengat jangan panik, sebab gerakan cepat dapat membuat lebah menyerang,” terangnya.

Sebab sedikit atau banyak, saat bersinggungan dengan lebah pasti berisiko tersengat. “Tersengat sedikit tidak apa-apa, jika tidak ingin tersengat ada baiknya menggunakan pengaman,” paparnya.

Memindah lebah dari alam membutuhkan kesabaran. Ketelitian dan kecermatan juga sangat diperlukan. Memindah lebah harus mencari seekor ratu lebah diantara puluhan ribu lebah pekerja.

Setelah ratu ditemukan, ada baiknya dilakukan pemotongan sebagian sayap ratu. Tujuan yakni agar ratu tidak terbang melarikan diri. “Jika telah ditemukan, maka langkah selanjutnya yakni memasukkan ratu dalam kotak box, Perlu diingat kotak jangan sampai diganggu setidaknya selama dua minggu. Kendati demikian kotak harus selalu diawasi, sebab lebah dapat saja pergi melarikan diri,” pungkasnya.(eddy/admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Janga Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#Madiun karismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........