MADIUN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun Pada hari Jum,at dan Sabtu melaksanakan Rapat Koordinasi Integrasi Perencanaan Pembangunan Pertanian mengenai Teknik biosaka dan pembenihan / Budidaya Ikan Koi . Acara tersebut diselenggarakan di Kota Blitar . Jum’at 1 Juli rombongan DKPP Kota Madiun tiba di Kabupaten Blitar, dipimpin Oleh Ir.Muntoro Danardono.(01/07/2022).
Kunjungan pertama para peserta ke lokasi Pembudidaya Ikan Koi yang bertempat di Dusun Kuwut Desa Kemloko ,Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar . Disana para peserta mendapatkan banyak pengetahuan mengenai budidaya ikan koi mulai dari persiapan kolam pemijahan hingga cara pemanenan
Kunjungan kedua dilaksanakan ke Kelompok Tani Rukun Sentosa 1 ,Desa Bondosewu ,Kec Talun ,Kabupaten Blitar. Disini para peserta mendaptakan ilmu tentang bagaimana teknik biosaka yang sudah diterapkan para petani di Kabupaten Blitar.

Acara tersebut dihadiri dengan narasumber Muhammad Ansar , sebagai penggagas Biosaka . Biosaka sendiri adalah salah satu sistem teknologi terbarukan dalam perkembangan dunia pertanian organik modern yang terbentuk sebagai bio-technology (bio-teknologi). Biosaka terbuat dari rerumputan yang dicampur dengan air lalu dihancurkan,setelah itu langsung bisa di aplikasikan di lahan untuk semua jenis tanaman. Untuk pemilihan rumput harus memakai rumput yang sehat yang tidak tercampur bahan kimia dan harus diketahui masa pertumbuhan rumput berada di fase vegetatif atau generatif.

“Kelebihan biosaka ini adalah efektifitas kinerja yang baik . Reaksi Biosaka dapat dilihat 24 jam setelah aplikasi dan dapat digunakan pada seluruh fase tanaman,mulai dari benih sampai panen. Proses produksinya pun sangat cepat karena tidak menggunakan metode fermentasi yang biasanya memakan waktu paling cepat 1 minggu “ pungkas Ansar.

Diharapkan dengan adanya Studi Banding ini , ilmu yang didapatkan bisa diterapkan juga di wilayah Kota Madiun , walaupun memiliki iklim alam yang jauh berbeda namun ada beberapa teknik yang bisa diterapkan di wilayah Kota Madiun . (admin/ppidpembantu).
Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/

Jangan Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dipertakotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/dipertakota.madiun.3/

• Twitter : https://twitter.com/Dipertakota

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

 #madiun #ppidkotamadiun #pemkotmadiun #dipertakotamadiun #ppiddipertakotamadiun #madiunkarismatik #madiunhitz #madiuntoday #madiunkotapendekar #lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........