MADIUN- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun berikan pendampingan dalam kegiatan pembuatan PGPR di Poktan “ Wargo Makmur” Banjarejo. Masalah kelangkaan dan keterlambatan pupuk organik bersubsidi menjadi penghambat budidaya tanaman selama ini. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini akan diberikan pemahaman kepada petani terutama pemahaman terkait pemanfaatan agen hayati Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dalam budidaya tanaman guna mengganti peran pupuk organik subsidi yang disediakan pemerintah.
Metode PGPR (Plant growth-promoting rhizobacteria) adalah bakteri pemacu pertumbuhan tanaman. Bakteri yang terdapat dalam PGPR adalah sejenis bakteri yang biasa hidup di akar tanaman. Mikroorganisme ini hidup berkoloni di sekitar akar tanaman dan membantu memacu pertumbuhan tanaman.

Fungsi PGPR itu mengikat nitrogen bebas dari alam atau istilahnya fikasi nitrogen bebas. Bakteri akar ini juga mampu menyediakan beragam mineral yang dibutuhkan tanaman seperti besi, fosfor, atau belerang.PGPR juga memacu peningkatan hormon tanaman.

Selain itu, juga diberikan pelatihan dan pendampingan secara langsung dalam pembuatan PGPR. Tujuan kegiatan ini tentu secara umum untuk mengatasi keluhan petani atas keterlambatan pupuk organik bersubsidi yang juga secara kuantitas tidak cukup memenuhi kebutuhan petani. Secara khusus, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat berupa pengetahuan baru bagi petani terkait pemanfaatan PGPR yang relatif sederhana dalam pembuatannya.

Manfaat penting lainnya adalah petani mampu menyediakan pupuk hayati secara mandiri tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan demikian kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi anggota kelompok tani. (admin/ppidpembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/
Jangan Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dkppkotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/DKPPkotamadiun

• Twitter : https://twitter.com/DKPPkotamadiun

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........