MADIUN-Mutu produk adalah suatu keadaan dari produk perikanan yang memberikan standar kesehatan tertentu. Mutu ikan basah umumnya diperinci pula atas mutu biologis, fisik dan lain-lain. Mutu tersebut memiliki banyak faktor pendukung, diantaranya adalah produk perikanan itu sendiri dan lingkungan. Mutu produk yang baik banyak dibutuhkan oleh konsumen, karena mutu dan kesegaran ikan mempunyai arti penting bagi semua pihak terutama dalam kegiatan ekonomi dan kesehatan.(Kamis, 19/01/2023)

Ikan dan produk perikanan merupakan salah satu sumber pangan yang sangat penting bagi masyarakat dunia. Diperkirakan konsumsi ikan secara global di masa yang akan dating semakin meningkat karena beberapa faktor, antara lain: meningkatnya jumlah penduduk serta pendapatan masyarakat dunia, meningkatnya apresiasi terhadap makanan sehat .Sebelum ikan menjadi produk makanan yang bersifat umum maka produk perikanan harus melalui persyaratan jaminan mutu yang ketat.

Kegiatan Pengujian Mutu Keamanan Produk Kelautan dan Perikanan Program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan Pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun dilaksanakan secara rutin . Sample diambil dari pasar tradisional yang ada di Kota Madiun diantaranya : Pasar Besar, Pasar Sleko, Pasar Kawak dan Pasar Kojo berupa ikan segar yang dijual dan sering dikonsumsi masyarakat .Kegiatan tersebut dilakukan Ibu Yeni Adi Widiastuti, SP sebagai Analis Pasar Hasil Perikanan Ahli Muda bertepat di laboratorium DKKP Kota Madiun.Kegiatan uji sample formalin ini bertujuan untuk memberikan jaminan mutu terhadap produk kelautan dan perikanan, memberikan rasa aman kepada masyarakat terhadap produk kelautan dan perikanan, dan meningkatkan nilai konsumsi masyarakat terhadap produk kelautan dan perikanan. Dengan target yang ingin dicapai adalah terkontrolnya mutu produk baku dan olahan ikan, yang memenuhi standar yaitu produk yang bersih, sehat dan aman maupun produk yang terkontaminasi.

Peningkatan mutu dan keamanan produk kelautan dan perikanan, harus dilaksnakan di semua sektor perikanan mulai sektor hulu sampai ke hilir yakni sejak dari kapal penangkap, pembongkar, tempat pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Mutu hasil kelautan dan perikanan diharapkan dapat menggugah kesadaran semua pihah, termasuk produsen/ konsumen, pemerintah/ swasta dan masyarakat tentang pentingnya jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan sehingga produk perikanan yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi serta tercipta masyarakat Indonesia yang sehat dan generasi berkecukupan gizi, terutama dari ikan.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, perlu dilakukan kegiatan tentang peningkatan konsumsi ikan yang difokuskan pada pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Kota Madiun pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun  menganggap penting dilakukannya Kegiatan Pengujian Mutu dan Pembinaan Keamanan Produk Kelautan dan Perikanan, melalui Uji Formalin pada beberapa jenis sampel ikan, agar masyarakat Kota Bima mendapat kepastian terkait keamanan ikan yang mereka konsumsi, sehingga target capaian peningkatan angka konsumsi ikan di Kota Bima dapat terealisasi dengan baik.(admin/ppid pembantu)

Baca selengkapnya di Website kami http://disperta.madiunkota.go.id/
Jangan Lupa Follow akun Sosial Media kami :

• Instagram : https://www.instagram.com/dkppkotamadiun/

• Facebook : https://www.facebook.com/DKPPkotamadiun

• Twitter : https://twitter.com/DKPPkotamadiun

• Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCkb7ozQiRqrAdbToAqwFJ7A

#madiun

#ppidkotamadiun

#pemkotmadiun

#dipertakotamadiun

#ppiddipertakotamadiun

#madiunkarismatik

#madiunhitz

#madiuntoday

#madiunkotapendekar

#lawancovid-19

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?..........